Jasa Instalasi Raised Floor

Jasa Instalasi Raise Floor

                                                                                     Jasa Instalasi Raise Floor

Apa itu Raised Floor…?

Jasa Instalasi Raised Floor biasanya dilakukan didalam membangun data center, Raised Floor itu sendiri adalah lantai dengan struktur yang ditinggikan diatas lantai beton menggunakan rangka frame penyangga berbahan galvanis berdiri secara terstruktur dengan ukuran umumnya 60 x 60 cm.

Untuk apakah Raised Floor..?

Raised Floor tujuan utamanya adalah untuk suatu ruangan yang memiliki banyak sekali alur perkabelan, dimana jalur-jalur dari kabel tersebut berpusat diruangan tersebut sehingga diperlukan adanya lantai yang bisa memberikan ruang atas jalur-jalur perkabelannya itu sendiri.

Apakah fungsi utama dari raised floor ?

Selain fungsinya untuk memudahkan jalur lalulintas kabel, fungsi raised floor yang lainnya adalah untuk menghindari listrik statis, sehingga keamanan dan kualitas dari suatu jalur jaringan atau kelistrikan tetap terjaga. Selain itu fungsi yang lainnya adalah untuk kerapihan dan estetika ruangan server itu sendiri, memudahkan penelusuran kabel-kabel, kemudahan apabila ada penambahan jalur baru.

Jasa Instalasi Raise Floor

Tipe dan Bahan dari beberapa macam Raised Floor.

Struktur Material untuk mengisi kepadatan Panel ( Ubin ) RAISED FLOOR atau RAISED ACCESS FLOOR terdiri dari tiga jenis, diantara adalah sebagai berikut
1. Calcium Sulphate Panel Raised Floor berbahan Calcium, atau sejenis Zat Kapur
2. Wooden Panel Raised Floor berbahan Partikel Kayu, sejenis Serbuk Kayu atau Particle Board
3. Cementitious atau Light Concrete Panel Raised Floor berbahan Semen, atau Beton Ringan

 

Item material pendukung untuk instalasi dan pemasangan Raised Floor

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

  1. Understructure dan Panel
    Frame kaki-kaki penyangga Panel Raised Floor atau Access Floor, saat Raised Floor dipasang. Understructure terdiri dari,
    a. Pedestal Tiang penyangga berbahan galvanis, dengan tinggi standar 30cm, dan untuk kebutuhan khusus dapat kami pabrikasi secara custom, dengan tinggi bervariasi sesuai kebutuhan, dengan varian tinggi 15 s.d 150 cm
  2. b. Stringer Systems Chasis atau Frame Penyangga berbahan galvanis, fungsinya untuk menyangga Panel Raised Floor atau Access Floor pada 4 sisi, yang bertumpu diatas Pedestal.
    Panel Raised Floor atau Access Floor berbentuk square berukuran 60x60cm atau 2x2feet.

 

Secara fungsi, panel Raised Floor atau Access Floor terdiri dari dua bentuk,

a. Solid Panel, Panel tipe ini adalah panel Raised Floor atau Access Floor biasa, yang sering kita dijumpai terpasang di Data Center atau Ruang Server, yang menggunakan Sistem Pendingin Ruangan atau AC tipe Comfort, bukan AC Presisi

b. Perforated Panel, Panel Raised Floor yang didesain berlubang diatas permukaan Panelnya, fungsinya sebagai Media Ducting Sistem Pendingin Ruangan untuk AC Presisi tipe Down Flow.

  1. Facia
    Facia berfungsi untuk menutup celah ruangan terbuka di Area Pintu atau Area Partisi Ruangan yang terbuat dari kaca, setelah dipasang Raised Floor atau Access Floor. Facia terdiri dari dua tipe,
    a. Facia Depan Pintu Untuk menutup celah berlubang di Depan Pintu
    b. Facia Keliling Untuk menutup celah yang berbatasan langsung dengan Partisi Ruangan yang terbuat dari kaca
  2. Media Akses
    Media Akses fungsinya untuk memudahkan akses orang dan equipments kedalam ruangan yang telah dipasang Raised Floor atau Access Floor, karena perbedaan level ketinggian dengan ruangan diluarnya. Berdasarkan kebutuhan dan mengacu pada tinggi Pedestal Raised Floor atau Access Floor, maka Media Akses terbagi dari,
    a. Ramp Way adalah jalur melandai di depan pintu, yang dibuat dengan konstruksi rangka kayu balok atau besi siku, dan difinishing menggunakan Rubber Anti Slip, untuk memudahkan orang dan Trolley masuk. Ramp Way sendiri bisa dibuat dan dipasang secara Permanent atau Movable, berdasarkan kebutuhan dan berdasarkan luas Ruangan yang akan dipasang Raised Floor atau Access Floor.
    b. Step Tangga atau Anak tangga, dengan konstruksi rangka kayu balok atau besi siku, dan difinishing menggunakan Rubber Anti Slip, yang hanya digunakan untuk memudahkan orang masuk kedalam Ruangan yang telah dipasang Raised Floor atau Access Floor.
  3. Insulasi
    Insulasi adalah Lapisan Penahan Panas Pencegah Kondensasi, dengan komposisi Rubber berbahan khusus, dan difinishing menggunakan Alumunium Sheet diatasnya. Fungsi Insulasi sebagai penahan perbedaan suhu pada ruang dibawah Raised Floor atau Access Floor dengan ruang diatas ceiling pada lantai dibawahnya. Material ini diperlukan khusus untuk instalasi Raised Floor atau Access Floor diatas lantai dasar atau lantai satu dan seterusnya, dan ruangan tersebut menggunakan AC Presisi tipe Down Flow.
  4. Tile Lifter / Puller
    Adalah Tools untuk mengangkat dan memindahkan panel Raised Floor atau Access Floor, yang digunakan untuk keperluan pengontrolan, troubleshooting atau melakukan instalasi tambahan Cabling Systems yang ada dibawah Raised Floor atau Access Floor. Lifting Tools juga sering disebut Double Cup Lifter, Tile Lifter atau Veribor.

kabeljaringan.com membantu perusahaan atau organisasi anda yang ingin membangun Data Center baik skala kecil, menengah ataupun besar. Kami memberikan solusi yang konprehensif dari fhase perencanaan sampai implementasi.

www.kabeljaringan.com